Mei 98, Kelahiran Kembali Kebanggaan Bangsa

#12Mei98 15 tahun reformasi Negeri ini… Ya… Mahasiswa

mind over matter

pic courtesy of @uberfunk

Bulan Mei adalah bulan yang memiliki makna istimewa, terkait dengan kata “awakening“. Di bulan ini tanggal 20 ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Bagi umat Buddhist bulan Mei adalah bulan Vesākha, yang memperingati “pencerahan” Buddha Gotama. Pencerahan di sini amat dekat maknanya dengan kata “bangun”, “kebangkitan” -bangunnya Ia dari “mimpi” untuk dapat “terjaga” melihat kenyataan.

Untuk saksi sejarah, bulan Mei tahun 1998 memiliki makna yang amat spesial. Dalam satu bulan, kita menyaksikan serentetan peristiwa yang mengubah negeri ini, untuk selama-lamanya. Peristiwa yang dimulai dari demonstrasi besar-besaran mahasiswa di Jakarta dan daerah-daerah, kemudian kerusuhan massal yang menimbulkan korban tewas dan perkosaan wanita, diakhiri dengan lengsernya Soeharto, presiden diktator yang sebelumnya tak tersentuh selama 32 tahun kekuasaannya di negeri ini.

Sekilas tentang apa yang terjadi di Mei 98. Krisis finansial terbesar dalam sejarah menghantam Asia termasuk Indonesia di pertengahan tahun 1997. Pondasi ekonomi yang lemah membuat Indonesia yang…

View original post 704 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s