Program KKN UNPAD 2013 – bagian Majalengka – waktu Candrajaya

Kenangan di Desa Candrajaya

berbagi kisah bulan pertama di 2013.

Yap yap, saya termasuk yang ‘normal’ di angkatan 2009 karena menjalani KKN di waktu yang sesuai program, yaitu di semester 7. Akibatnya saya KKN bersama angkatan 2010 dan hanya segelintir angkatan 2009 yang ikut (karena hampir semuanya sudah KKN di semester 5, 2012).

KKN itu apa? Program kampus untuk seluruh mahasiswanya, yaah yang dalam pendapat saya sih tidak jelas tujuannya. Katanya untuk mengerti kinerja masyarakat, untuk membantu masyarakat, untuk menerapkan ilmu kuliah di lingkungan, dan sebagainya. Hah, yang benar saja… wong umur sudah 22 (saat tulisan ini diunggah) saja saya belum bisa apa-apa. Toh tujuan itu seolah makin mengagungkan gelar ‘maha’ siswa yang saya sandang. Berat ah bebannya…

Wiih, benar looh opini saya terbukti… Karena yaah memang 1 bulan masa KKN yang saya jalani itu hanya berisi santai-santai saja di rumah sewaan. Sebenarnya ini juga didukung dengan kesantaian teman-teman serumah serta kepala kelompok saya sih, dan itu menyenangkan 🙂 Dalam 1bulan saja, wisata jalan-jalan kelompok saya yang berlokasi di Desa Candrajaya, Majalengka hanya sekali, yaitu mengunjungi sebuah curug di… (lupa lokasinya). Interaksi kami dengan masyarakat juga terbilang minim, bila dibandingkan dengan kelompok lainnya, karena hanya mengajar di SD beberapa kali, berkunjung ke balai desa tidak rutin, dan mengikuti beberapa acara keagaman.

terus main di alam

Hari-hari kami didominasi dengan kegiatan jajan (kuliner) di sekitaran rumah, belanja di Griya market yang harus ditempuh dengan mobil sebagai bentuk getaway kami, nonton DVD bareng-bareng, dan kesibukkan menumpang mandi disana sini karena MASALAH terbesar kelompok kami adalah rumah yang kami sewa tidak punya air cukup banyak untuk kebutuhan (total) 19 manusia. Ahiya, juga kerepotan memikirkan tiap hari makan apa, karena semua perempuan malas memasak. Kekurangan air pun benar-benar membuat kami malas beraktivitas apapun itu bentuknya. Bahagianya sekelompok dengan para pemalas 😀 Iya, memang ini yang saya bayangkan dan harapkan dari sebelum KKN, karena tujuan saya memang hanya demi mendapat nilai A (tuntutan semester akhir) dengan kegiatan seminim mungkin dalam program ini, dan ternyata semesta mendukung :’)

Semacam liburan singkat lah sebelum masuk semester terakhir.

indahnya KKN berdua kekasih

Bedanya, saya untuk pertama kalinya dalam hidup menginjak kaki di tanah Majalengka, menghirup udaranya, merasakan airnya, dan itu untuk sebulan lamanya, ditambah tinggal serumah (eh di dua rumah deng) dengan 7 lelaki dan 11 perempuan sebagai teman baru yang amat sangat beragam tapi menyenangkan. (Sebenarnya 3 lelaki dari geologi udah kenal sih… yang 1 malah pacar saya). Hehe, itu menjadi pengalaman tersendiri lagi, satu kelompok dengan pacar di KKN ❤

Saya semacam setuju dengan pernyataan orang lain yang bilang, “KKN itu menyenangkan sekali, indah buat dikenang, tapi cukup terjadi sekali saja, tidak perlu diulang lagi”. Selamat bersenang-senang untuk kamu yang kampus nya masih menganut paham KKN dan akan segera menunaikan ibadahnya. SALAM MAJALENGKA DIGOYAANG !

salam majalengka goyang goyang !

salah satu sungai dekat rumah

habis jalan-jalan ngiter kebon

kenyang habis makan dalam saung

kelompok berkumpul dan bersantai sore di tengah sungai

pulang bermain-main

akhirnya curug juga…

curug… entah apa namanya… lupak

pulang pergi naik kolbak

angle lain dari air terjun nya

perjalanan pulang, kaya udara krn naik kolbak

sekali kali nya jalan jalan keluar Candrajaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s