Fotografer Bukan Pemain Utama

ah, akhirnya ada yang mengerti unek-unek saya. walaupun tersentil juga, sebagai media pemegang ID bukan berarti bisa seenaknya.

Felix Dass | felix@felixdass.com

Pertanyaan penting di sebuah pertunjukan musik: Siapa yang paling harus dipuaskan? Band yang main, penonton yang mengapresiasi atau fotografer yang sedang memenuhi egonya?

Fotografer Dodol

Akhirnya saya punya waktu untuk menulis tentang hal ini. Sudah terlalu lama rasanya saya terusik dengan keadaan yang sering terjadi di beberapa pertunjukan musik ketika pandangan orang yang ada di area penonton terhalang oleh orang yang seharusnya tidak dipandang. Rasa terusik itu kok makin tajam ya, kalau dipikir-pikir? Oke, mari kita memulai pemaparan ini.

Pertunjukan musik itu bisa terjadi karena campur tangan beberapa pihak. Ada organizer yang menyelenggarakan acara, sponsor, artis yang main, penonton yang menyaksikan, media yang meliput dan beberapa pihak lain. Masing-masing punya kepentingan dan niatan untuk ada di satu momen yang sama.

Layaknya sebuah benturan kepentingan, harus ada titik kompromi yang dicapai. Pembagian porsi dan toleransi sewajarnya bisa bertemu di tengah sehingga semua sama-sama enak. Ada satu kecenderungan buruk yang terjadi beberapa tahun belakangan…

View original post 2,164 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s